Minggu, 24 April 2011

PROFIL PENYULUH KEHUTANAN LAPANGAN KEC. BANDAR

ASIKIN,SP 
PENYULUH KEHUTANAN LAPANGAN 
BALAI PENYULUHAN PERTANIAN PERIKANAN DAN KEHUTANAN 
KECAMATAN BANDAR KABUPATEN BATANG

Biografi

ASIKIN,SP lahir di Brebes ,10 Pebruari 1971 sebagai putra ketiga dari empat bersaudara dari pasangan Zaenudin dan Mutoyah adalah seorang Penyuluh Kehutanan di BPPPK Kecamatan Bandar Kabupaten Batang. Asikin menikah dengan Eti Muzalina pada tanggal 22 Oktober 1997 dan dikaruniai 3 orang anak. Anak pertama bernama Dzul Wulan Ningtyas ( saat ini duduk dibangku SMP Kelas 1 ), Anak kedua Yusuf Gondho Tyasaputra (duduk dibangku SD kelas V ) dan yang terakhir Tyas Ayu Ardiva baru duduk di TK Nol Besar.

Riwayat Pendidikan
ASIKIN adalah anak yang lahir di desa yang jauh di pedalaman Kabupaten Brebes, tepatnya di pedukuhan Siroyom Desa Mlayang Kecamatan Sirampog Kabupaten Brebes. Lulus pendidikan dasar di SD Mlayang 2 pada tahun 1984 kemudian pada tahun 1987 berhasil menyelesaikan pendidikan di SMPN Sirampog. Semangat dan cita-cita dari orang tua yang latar belakang adalah petani tradisional menginginkan anak menjadi seorang yang dapat bermanfaat bagi kaum petani pada umumnya dan keluarga pada khususnya, maka ia melanjutkan pendidikan STM Perltanian di Slawi Tegal hingga tahun 1990 berhasil lulus.
Dengan keterbatasan ekonomi keluarga terpaksa tidak melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tingggi. Selama kurang lebih 1 tahun, merantau ke Jakarta. Di Jakarata kami mengadu nasib menjadi buruh bangunan, Jadi Pedagang asongan diterminal dan yang terakhir bekerja di Pabrik tekstil di Bogor. Pada Bulan april 1991, nasib membawanya untuk mendaftarkan diri pada Sub Balai RLKT Pemali Comal sebagai seorang Penyuluh Lapangan Penghijauan kontrak.

Riwayat Pekerjaan
Di awali sebagai Petugas Lapangan Penghijuan setelah mendapat pembekalan diklat 2 bulan di BLK Kadipaten ( Jawa Barat ) selanjutnya ditempatkan di kab. Batang tepatnya di kecamatan Batang sebagai Penyuluh Kehutanan pada l Januari 1992 s/d Oktober 1992 selama 1 tahun, selanjutnya pada bulan oktober 1992 di mutasi ke kecamatan Blado. Setelah 6 tahun bekerja menjadi honorer tepatnya pada bulan Nopember 1997 diberi kesempatan mengikuti seleksi penerimaan CPNS di lingkungan Departeman Kehutanan di Kanwil kehutanan Semarang Alhamdulilah dinyatakan lulus, pada tanggal 1Maret 1998 dan diangkat menjadi CPNS. Setelah mengikuti Pra Jabatan di Bogor pada tahun 2000 diangkat menjadi PNS dan menduduki jabatan fungsional sebagai Penyuluh Kehutanan Lapangan selanjutnya dimutasi ke wilayah kecamatan Wonotunggal. Guna menunjang karier dan meningkatkan ilmu pengetahuan pada tahun 2003, melanjutkan pendidikan di Perguruan Tinggi di Universitas Pekalongan, Jurusan agronomi. Pagi bekerja sore kuliah itulah kesehariannya selama ± 4 tahun. Sebagai perasyaratan menyelesaikan tugas akhir kuliah, Saya membuat skripsi dengan judul "Pengaruh Media Tumbuh dan Konsentrasi Roton F Terhadap Prosentase Tumbuh dan Pertumbuhan Stek Pucuk Ja1ti ( Tectona grandis L.F )
Pada tanggal 21 Marelt 2007 berhasil lulus dari Universitas Pekalongan dengan predikat Sangat Memuaskan dengan Indek Prestasi (IP) 3,32 dan bergelar Sarjana Pertanian (SP). Diawal tahun 2008 pindah kerja lagi dan ditempatkan di wilayah Kecamatan Bandar yang terdiri dari 20 desa. Dengan UU No. 16 tahun 2006 tentang Pedoman Pelaksanaan Penyuluhan Pertanian Perikanan dan Kehutanan, dikabupaten Batang dibentuk Badan Pelaksana Penyuluhan Pertanian Perikanan dan Kehutanan ( BAPPIJLUH) sehingga sebagai Penyuluh Kehutanan secara otomatis bergabung dalam jajaran penyuluh di BP4K dan dikumpulkan di BP3K Kecamatan Bandar sampai sekarang.
Disela -Jsela kegiatan penyuluhan kehutanan pada masyarakat tani di wilayah Kecamaltan Bandar, juga mendapat surat tugas dari kepala Badan Pelaksana Penyuluhan Pertanian Perikanan dan Kehultanan Mengampu mata pelajaran ketrampilan Lingkungan Hidup di SMA N Bandar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar